Selamat Datang di blog HI UGM 07

Sesuai dengan ucapan di atas, blog ini adalah blog anak HI UGM 07

Selasa, 17 Juni 2008

Rasialisme di Indonesia (by Borneo)

Sebagai orang yg penah hidup di taun 2008, aku pengen meringatin 100 taun Kebangkitan Nasional dgn bangkit, mulai dari diri sendiri.Dan katanya Deddy Mizwar : Bangkit ituh marah !!So kali inih aku pengen marah-marah.

Langsung aja :Aku sering ngalamin perlakuan rasial di kampus FISIPOL, kampus yg ironisnya paling sering meneriakkan perdamaian dan penghapusan rasialisme. Salah satu yg gag bakal aku lupain adalah kata-kata dosenku : Kualitas seseorang ditentukan dari daerah tempatnya berasal. Kata-kata yg di FISIPOL UGM kesakralannya udah setara sama ayat-ayat dalam Bibel. Iya Bu iya, aku emang dari desa. Aku kampungan. Norak. Udik. Tapi kalo Ibu pikir aku takut ngakuin hal ituh, Ibu salah. Ngapain takut?? Ngapain minder?? Toh ngakuin ituh gag mengakibatkan aku mati. Tititku masih pada tempatnya, gag ilang.Dan orang-orang kayak Ibu pasti ngerasa beruntung banget lahir dan dibesarkan di kota. Di Jogja. Ato di manapun ituh. Bagi kalian Jogja adalah Palestina yang suci dan istimewa. Sedangkan Wonosari dan Kulonprogo adalah Sodom dan Gomorah yang hina, penuh dengan penduduk yang terjangkit lepra. Kepada kami, kalian memandang rendah, menertawakan, dan menghina. Tapi apa yg bikin kalian pantas ngerasa bangga?? Bukan kalian yg bikin kota kalian istimewa.
So, jangan penah lupain kata-kataku : Yang hebat ituh kota kamu, bukan kamu. Kamu tuh cuma nothing, gag berharga. Gag penah punya arti apa-apa. Manusia yg gag berguna. So, ngapain kamu hidup??Aku juga tau, aku sering diomongin tentang penampilanku. Aku tau di depanku kalian biasa-biasa aja, tapi setelah aku lewat, kalian mulai bisik-bisik di belakangku. Thus pas aku udah jauh, kalian ngetawain aku kenceng-kenceng sama temen kalian. Kenapa bisik-bisik Bos, sama temen lagi?? Kenapa gag terang-terangan aja ngehina di depan mukaku?? Takut?? Alah, tampangmu preman, mentalmu bencong. Kalo berani ayo keluar kampus, satu-satu. Wanine mung bisak-bisik, golek konco meneh. Aku gag nyangka kalo di FISIPOL UGM ternyata banyak cowo pengecut. Pyuh...Ngapain sih kalian ngurusin penampilan orang lain?? Ada orang yg gendut dan sipit dikit, kalian ledekin kantong gajih kuliah. Ada cewe yg monyong, kalian ledekin anoman ngungsi ke Jogja. Temen-temen dari Indonesia Timur kalian ledekin dakocan dari Kongo. Dan kalian pikir mereka bisa sesuka hati ngerubah penampilan mereka, gituh?? Gag pren, mereka dapet ituh sejak mereka lair. Gag beda dengan cara kamu dapet sifat suka ngomongin dan nyari-nyari kekurangan orang lain. Dan kalian pikir kalian lebih sempurna sampe boleh ngetawain mereka?? Kalian pikir mereka bakal minder setelah kalian bikin mereka malu?? Gag pren, tanpa kalian tau, malah mereka yg ngetawain kamu. Di mata mereka, kalian tuh manusia-manusia yg gag pantes diladenin. Cuma dilirik aja kalian gag pantes. Worthless. Kalian bener-bener menyedihkan, pren.Thus ngapain kamu ngomentarin penampilanku?? Celana jins kumel dan sepatu bulukku?? Baju item-itemnya Prada yg gag pernah ganti seminggu?? Kalian pikir ituh ngaruh?? Gag pren. Gag sama sekali. Asal kamu tau : AKU DANDAN BUAT AKU SENDIRI, BUKAN BUAT KAMU. Siapa kamu sampe-sampe aku mau bersusah payah ngabisin waktu di depan cermin buat bikin kamu terkesan?? Aku gag penah ngarep kamu ngalem penampilanku thus jatuh cinta sama aku, apalagi kamu para cowo. Kamu bukan siapa-siapa. Kamu yya kamu, aku yya aku. Dan beginilah caraku menghargai diriku sendiri dan kalian. Kalo kalian bukan manusia picik yang berpikiran instan, kalian gag bakal ngenilai aku negatif cuma dari penampilanku. Cuma kalo.Dan kalian masih menertawakan orang-orang dengan aksen Banyumasan?? Orang-orang dari Tegal, Purbalingga, Banjarnegara, dan sekitarnya?? Bingung?? Mungkin kalian akan lebih paham kalo kalian denger istilah : bahasa Ngapak?? Yap, orang-orang dgn bahasa Ngapak emang selalu ditertawain kalo ngomong dgn bahasa kebanggaannya. Seakan-akan di FISIPOL tradisi ngetawain orang Ngapak lebih waijb daripada perintah sholat buat orang Muslim.

Kalian pikir ituh lucu, wagu, dan malu-maluin. Kalian pikir bahasa kalian lebih keren, lebih gaul, lebih bisa diterima. Emang pren, bahasa kalian tampaknya kayak gituh, kayak penilaian kalian. Bahasa kalian lebih banyak dipake bahkan sama orang-orang di luar daerah kalian. Ada orang Medan, orang Lampung, orang Madiun, transmigran Papua yg balik lagi ke Jawa, orang Kudus, pake aksen kalian. Bahkan ada juga orang dari suku mayoritas yg bahasanya udah adiluhung rela mengganti aksennya selama kuliah demi bisa bergaul sama kalian. Tanpa mereka tau kalo aksen ituh dulunya dipake sama preman-preman pasar yg kebanyakan malah udik dan gag berpendidikan. Ada juga orang Jawa yg ikut-ikutan ngetawain aksen Ngapak tanpa mereka tau kalo sebagian besar pelaku kriminal di negara ini berasal dari suku yg selalu make bahasa mereka sendiri. Apa mereka lupa kalo orang-orang yg ngancurin negara inih berasal dari golongan yg sebahasa dgn mereka?? Makanya, kita harus introspeksi diri waktu ada sentimen anti Jawa, waktu ada isu kalo ada tattoo F*** Java di bagian tubuhnya personel Superman Is Dead yg dari Bali ituh. Bukan malah menghujat dan menghajar mereka. Iya, kalian mayoritas, temen kalian banyak, tapi bukan berarti kalian selalu bener khan?? Bukan berarti waktu agama kami (agak) beda dari kalian lalu kalian seenaknya aja bakar masjid kami. Indonesia ituh negara Pancasila pren, bukan negara agama kamu.(Aku berani taruhan, kita ambil satu orang Ngapak dan satu orang dgn bahasa yg kamu bangga-banggain, kita suruh mereka ngomong bahasa Indonesia di depan umum. Pasti orang Ngapak pake bahasa Indonesia dgn lebih bener, tanpa bahasa gaul yg justru ngerusak bahasa Indonesia ituh sendiri. Aku jamin. Neptunus gag penah salah.)

Terlepas dari bukti-bukti dari FISIPOL UGM di atas, gag semua orang di Jogja inih rasis kog pren. Masih banyak bgt orang yg welcome sama perbedaan latar belakang dan kekurangan fisik seseorang. Tapih ya ituh tadi, gag ada manusia yg sempurna. Juga kami warga Jogja. Lha Superman aja bisa mati. So, kita gag boleh ngenilai seseorang cuma dari penampilan dan plat kendaraannya. Buat para pendatang, jangan kapok dateng ke Jogja. Warga Jogja selalu cinta orang Kulonprogo, Wonosari, Indonesia Timur, dan orang-orang Ngapak. Warga Jogja cinta minoritas. Kami cuma minta satu hal : jangan sakiti Jogja kami.


Keep peace, keep green...

Tidak ada komentar: