Selamat Datang di blog HI UGM 07

Sesuai dengan ucapan di atas, blog ini adalah blog anak HI UGM 07

Rabu, 28 Mei 2008

Demo Mahasiswa: Anggara R

beberapa hari yang lalu, saya melihat sebuah artikel yang sungguh membingungkan. artikel tersebut mengatakan bahwa demo mahasiswa yang membuat macet dan ribut dan rusuh di jakarta dan daerah lain itu, merupakan hal yang wajar saja dan mengatakan bahwa efek demo ini tidak akan seberapa daripada efek kenaikan BBM.

baiklah, ini pendapat singkat saya. demo mahasiswa yang sudah menjamur dan sudah mulai bergerak ke anarkis sebetulnya membawa efek buruk yang sangat besar:
  1. membuat makin boros BBM:kita lihat saja di beberapa berita, aksi demo di Indonesia sekarang sudah cukup mengganggu dan sudah tidak lagi manusiawi. aksi mahasiswa demo ini membuat kemacetan yang sangat panjang. lalu bisa dilihat apa akibat dari macet panjang ini adalah membuat boros BBM, karena pada dasarnya mobil akan lebih boros BBM ketika dalam posisi macet dan berjalan sedikit-sedikit. pemborosan BBM juga mengakibatkan ke tingkat lain.
  2. Polusi Udara: polusi udara tentu akan meningkat dengan adanya pemakaian di dalam kemacetan itu sendiri. polusi ini juga akan merusak konsistensi indonesia dalam UNFCCC yang menjadi salah satu proyek pilot untuk reducing emission.
  3. Pengeluaran masyarakat: tentu dengan pemborosan ini, maka pengeluaran masyarakat untuk BBM semakin tinggi. katakanlah lebih banyak orang yang menaiki angkutan umum, namun sebetulnya hal ini termasuk pemborosan karena tidak efisien dari segi waktu. pada akhirnya banyak yang akan lebih memilih untuk segera sampai di kantor dengan transportasi lain seperti taxi (apabila tidak macet) dan jalan kaki(mungkin sehat, namun tidak akan sehat dengan polusi yang tinggi.

pada dasarnya tindakan para mahasiswa salah dalam mengeluarkan aspirasi mereka. kita mungkin tidak bisa menghindari Demo karena mungkin demo adalah hobi mereka, namun kita masih bisa paling tidak demo secara damai dan tidak membuat ramai dan macet.

dan pada akhirnya, tolong kepada mahasiswa yang ingin berdemo mohon coba ikuti saran pribadi saya:

  1. tolong dipikirkan apakah demo itu relevan, dengan segala efek buruknya.
  2. harap jika terpaksa harus demo, laporlah ke polisi agar ada yang mengamankan
  3. ayo demo secara damai jika memang harus demo

terima kasih atas perhatiannya.

Tidak ada komentar: